Cerita Dibalik Olahan Makanan FivaFood

7 comments
Ada yang suka makanan olahan seperti Rolade, Sosis, dan Kornet?

Seperti yang kita tau bahwa makanan olahan yang beredar di Indonesia sangat banyak, menandakan bahwa terkadang masak dan makan yang instan itu juga sebuah kebutuhan. Contohnya dalam 1 minggu aku makan, selalu ada minimal 1 (satu) produk instan atau makanan olahan yang aku makan. Entah itu mie instan pake kornet, pake sosis ataupun nugget ayam yang biasanya ada dikulkas kalo kalo lagi ga ada makanan dan males masak. 

Salah satu produk olahan yang juga banyak dikonsumsi adakah Rollade, sebuah produk olahan daging yang digulung (roll) dengan lapisan telur yang tipis. Pasti foodies udah pernah makan rollade kan? Walaupun belum pernah masak, minimal pernah makan waktu disediakan di prasmanan sebuah acara. Suka kan sama Rollade?

Salah satu produsen di Indonesia yang mengenalkan Rollade dan sudah dipastikan kualitasnya adalah Fiva Food. Buat foodies yang suka masak dan sering belanja pasti udah pernah denger ya?

Kunjungan ke Fiva Food

Hari Sabtu 20 Mei 2017 kemarin, aku beruntung banget bisa ikutan kegiatan kunjungan ke pusat produksi Fiva Food di Jatibening, Bekasi. Aku diajak salah satu blogger yang aku kenal disebuah event sebelumnya. Berhubung aku sekalian mau kerumah temen di Bekai juga, aku memutuskan untuk dateng langsung, ga ikut barengan. Ternyata Condet-Jatibening hanya memakan waktu setengah jam-an jadilah aku dateng kecepetan dan menunggu di depan.
Ketika temen-temen yang lain sudah dateng, kita langsung masuk ke aula yang disediakan. Alangkah kagetnya ternyata bagian dalamnya luas banget dengan banyak pepohonan dan juga fasilitas yang lengkap. Ternyata pabriknya berada satu kesatuan dengan kediaman pemilik beserta keluarganya, berada didalam komplek perumahan fikirku kok bisa ada pabrik olahan makanan dikomplek? Emang ga dikomplain warga? *bingung*
Ketika masuk, kami langsung disambut oleh Mas Yosy Revalio selaku General Manager CV FIVA FOOD dan kami terlebih dahulu menikmati welcome drink and snack.


Foto bareng Pak Yosy
pic by : Salman F
Pak Yosy Menceritakan Tentang Fiva Food



Betsy Monoarfa adalah owner dan pendiri Fiva Food. Beliau mendirikan Fiva Food di tahun 1983 dengan 2 orang karyawan saat itu, dengan kegigihan dan pengalaman selama lebih dari 30 Tahun, saat ini Ibu Betsy memiliki sekitar 80 karyawan yang bekerja memproduksi serta memasarkan produk Fiva Food. Berpegang pada regulai yang sesuai, CV Fiva Food sudah memiliki Sertifikai Halal MUI, BPOM serta Izin Edar. Tentu saja hal inilah yang menjadikan Fiva Food sebagai produk yang terpercaya serta memiliki standar kualitas yang bagus.

Pak Yosy yang merupakan anak kandung Ibu Betsy terjun secara langsung di Fiva Food sebagai sales. Saat itu beliau mendatangi pasar-pasar tradisional untuk menawarkan Fiva Food kepada para pedagang. Hingga saat ini, Fiva Food sudah bisa temui di beberapa supermarket hingga hypermarket seperti Alfamidi, AEON, Carrefour, Loka, Tiptop dan Total Buah. Selain itu jaringan kerjasama Fiva Food dengan kerjasama B2B (Business to Business) dibeberapa Hotel serta perusahaan catering ternama seperti Aerofood ACS. 

Setelah perkenalan Fiva Food, saatnya mencicipi produk dari Fiva Food ini. Namun sebelumnya, diadakan demo masak oleh salah satu karyawan Fiva Food. Nama menunya adalah Oseng Kornet Cabai Hijau, dengan bahan-bahan yang mudah yaitu bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kecap manis, garam, cabe hijau dan tentu saja Kornet Fiva Food yang sudah dipotong kotak-kotak. Cara memasaknya pun sangat mudah dan cepat, karena semua produk olahan Fiva Food sebenarnya sudah matang sehingga memasaknyapun jadi praktis. 
bahan-bahan

proses pembuatan

Oseng Kornet Cabe Ijo

Ketika demo masak berlangsung, Pak Yosy dan team menyiapkan produk Fiva Food yang sudah siap dikonsumsi. Ada ayam jari-jari yang terbalur tepung roti, Tuna Keong Mas yang mirip batagor namun lebih padat dan enak banget serta sajian dari Fiva Food Express yaitu Ricebowl Kornet, Ricebowl Sosis, dan Ricebowl Rollade. Kamipun menyantap ricebowl dengan memilih 3 macam saus yaitu Saus Cajun, Teriyaki dan Asam Manis, tentu saja ditambah oseng kornet yang sudah jadi dan juga tambahan tuna keong mas. Enak banget dan langsung kenyang! 

ayam jari-jari
tuna keong mas
ricebowl sosis
ricebowl kornet
ricebowl rolade

produk fiva food
Melihat Pabrik Fiva Food

Setelah makan siang, kami ditawarkan apakah mau melihat-lihat mesin dan fasilitas yang ada di pabrik Fiva Food, tentu saja kami ingin sekali sekaligus meihat secara langsung kualitas dan kebersihan pabrik Fiva Food ini. Ketika sudah diberikan Masker dan Penutup kepala, kamipun langsung memasuki pabrik yang berada tepat disebelah aula kami berkumpul. Karena weekend tidak ada proses produksi, jadi kami hanya melihat mesin, fasilitas, alur produksi sampai tempat akhir pembuangan limbah. Secara keseluruhan, saya menjadi semakin percaya terhadap kualitas produk Fiva Food ini, karena tempat pengolahan ini sangat bersih, memiliki sistem kerja yang teratur serta memiliki peralatan yang canggih. Dan pada akhirnya pertanyaan saya sebelumnya terjawab, kenapa pabrik ini bisa bertahan lama walaupun berada didalam komplek perumahan, tanpa ada komplain dari warga sekitar. Ya karena sistem yang bagus serta pengolahan limbah yang benar, sehingga tidak ada bau daging ataupun bau menyengat ala pabrik yang tercium sampai keluar. Keren kan?

pintu masuk pabrik

mesin dan kebersihan

semua produk dipastikan  halal

Produk Fiva Food

Selain beberapa produk yang udah aku sebutin, masih ada beberapa produk yang dihasilkan Fiva Food, ini aku kasih infonya
1. Produk Olahan Ayam : Kornet Ayam, Rollade Ayam, Bratwurst Ayam
2. Produk Olahan Ikan : Tuna Kaki Naga, Tuna Keong Mas
3. Produk Olahan Sapi : Rollade Sapi, Bratwurst Sapi, Sosis Sapi



Selain bisa kita beli di Supermarket dan Hypermarket, produk Fiva Food juga bisa dibeli secara online melalui website Fiva Food disini

Apalagi menyambut Raamadhan minggu depan, Fiva Food cocok banget disimpan di kulkas untuk menu Sahur dan Berbuka Puasa yang enak dan praktis! Yuk, dimasukin ke list belanja bulanan Ramadhan..





7 comments :

  1. Sangat lengkap reportasenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, semoga informasinya berguna..

      Delete
  2. makanan olahan begini saya sebut cukup menyelamatkan, karena praktis. terlebih saat ramadhan

    ReplyDelete
  3. Benar-benar usaha yang hebat, bisa bangun pabrik di tengah pemukiman tetapi warga ga ada yg keberatan. Berarti Fiva Food benar2 pabrik yg ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  4. Ternyata soal makanan olahan, fiva food terpercaya. Bahkan pabrik di perumahan pun warga oke oke aja, jadi aman.

    ReplyDelete